Seluk Beluk HERO SUPERMARKET Tbk. Tahun 2001
Jenis perusahaan HERO SUPERMARKET Tbk sampai bulan Agustus 2001, memiliki 71 gerai Hero
PasarSwalayan, 26 gerai Star Mart, 40 gerai Guardian dan 8 gerai Mitra Toko
Diskon. Bentuk perusahaan HERO SUPERMARKET Tbk dibentuk dengan
berbagai private label yang dikembangkan misalnya Hero Save, Nature Choice, dan
Relliance. Dalam jangka panjang, pengembangan private label dari HERO, didukung
oleh jaringan distribusinya yang sangat luas, merupakan satu ancaman bagi
format Hypermarket.
Modal HERO SUPERMARKET Tbk, yaitu dengan melakukan IPO
(Initial Public Offering) pada tanggal 21 Agustus 1989. Komposisi
pemegang saham per tanggal 25 Juli 2001 adalah sebagai berikut : PT Hero Pusaka
Sejati 50.10%, PT Matahari Putra Prima Tbk 10.42%, SSV Netherland BV 10.20%,
Mulgrave Corp. BV 7.63%, dan masyarakat 21.65%. Kepemilikan saham langsung HERO
oleh Dairy Farm diperkirakan sebesar 7.63%, yaitu melalui Mulgrave Corp.
BV. Selain itu Dairy Farm melalui
Mulgrave Corp. BV juga memiliki obligasi konversi sebesar 24.55%. Dengan
demikian total kepemilikan Dairy Farm
atas saham HERO adalah 32.18%. Distribusi cadangan laba HERO SUPERMARKET
Tbk. , setelah merasakan imbas kehadiran Hypermarket Carrefour (dan
Continent), HERO mulai menggalakkan program promosi dengan fokus mengubah image
Hero Supermarket yang mahal menjadi tempat belanja yang paling murah. Saat ini
setiap Hari Jum’at, HERO melaunching program Weekly Promotion, dengan
diback-up media promosi satu halaman penuh di Harian KOMPAS. Untuk menjaga agar
harga yang ditetapkan lebih murah dibandingkan pesaing, Manajemen HERO
memutuskan dan me-recheck harga pesaing pada hari Kamis, sesaat sebelum media
promosi naik cetak. Menurut Ipung Kurnia (CEO HERO), strategi HERO seperti ini
mampu menaikkan omzet Hero Supermarket sampai 30%. Undian berhadiah juga gencar
diadakan dengan hadiah utama mobil, misalnya pada periode sebelumnya Daihatsu
Taruna dan sekarang (bulan Oktober 2001) Peugeot 206. Fokus komunikasi dan
positioning Supermarket Hero kepada masyarakat sampai saat ini adalah kesegaran
produk fresh. Sehingga tag line “Think Fresh Shop Hero” selalu
digunakan.Untuk mendukung aktivitas distribusi dan logistik, HERO menggandeng
perusahaan logistik DAVID HOLDINGS.
Keberhasilan
HERO SUPERMARKET Tbk. dapat dilihat dari kegiatan usaha anak perusahaan Hero meliputi usaha dagang eceran makanan dan produk terkait
melalui PT Trimanunggal Hero Lestari, yang memiliki satu gerai di Cirebon; Dan
PT Mitra Hero Pioneerindo (bermitra dengan PT Putra Sejahtera Pioneerindo) yang
membawahi gerai fast food California Fried Chicken. Dalam sejarahnya HERO juga
memiliki keterkaitan dengan rantai toko TOYS CITY dan PT SUBA INDAH, yaitu
pabrik pengolahan dan pengalengan makanan. Untuk mendukung kelengkapan produk
dan kemampuan perusahaan menggenjot potensi laba, HERO juga memiliki pusat
pengolahan roti (Bakery Processing) dan pengembangan konsep Instore Bakery
serta Restoran Siap Saji di dalam gerai-gerainya. Sebuah pusat distribusi
didirikan di kawasan industri Cibitung. Untuk mendukung aktivitas distribusi
dan logistik, HERO menggandeng perusahaan logistik DAVID HOLDINGS.
Keberhasilan
HERO SUPERMARKET Tbk. dilihat dari sisi perusahaan sampai saat ini HERO merupakan satu-satunya retailer lokal
yang memiliki strategi pengembangan private label (merek milik sendiri) yang
cukup intensif. Dengan strategi ini HERO diharapkan mampu meningkatkan
kemampuan labanya.
Peranan HERO
SUPERMARKET Tbk. di berbagai keadaan persaingan pernah mengalami
penurunan pangsa pasar dan semakin ketatnya persaingan HERO SUPERMARKET di
JABOTABEK, maka strategi ekspansi HERO saat ini
adalah 50% di JABOTABEK dan 50% di luar JABOTABEK. Strategi awal Hero untuk merebut
pasar adalah agresifitas dalam penyebaran flyer promosi (dengan iming-iming
harga), penekanan pada kualitas dan kenyamanan berbelanja. Sampai tahun 2001
ini dapat dikatakan bahwa HERO adalah jaringan supermarket lokal terbesar di
Indonesia. Peremajaan gerai dilakukan setiap lima atau enam tahun. Peremajaan
gerai besar-besaran di tahun 2001, misalnya dilakukan di dua cash cow Store
Hero di Kemang dan Pondok Indah Mall. Selain itu perluasan format retail juga
dilakukan dengan merintis jaringan toko buku UTAMA dan merencanakan pembukaan
hypermarket GIANT. Hypermarket GIANT merupakan merek dari negeri jiran
(Malaysia), yang masuk ke dalam portofolio HERO melalui Dairy Farm. Di negeri
asalnya, kekuatan GIANT terutama bertumpu pada divisi Fresh Product, Grocery
dan Basic Fashion. Kerjasama manajemen berupa profit sharing juga dilakukan
HERO bersama Golden Trully. Kerjasama ini merupakan satu sinergi yang berdampak
positif terhadap rencana pembukaan GIANT. Sebagaimana diketahui Golden Truly
memiliki kekuatan lebih dalam bidang fashion dibandingkan HERO.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar