Kamis, 16 Januari 2014

Tugas Softskill



Usaha Baju Seragam Anak Sekolah
            Disini saya akan memilih bisnis baju seragam untuk anak-anak sekolah. Alesan saya memilih bisnis ini dikarenakan membuka bisnis baju seragam dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal di setiap kenaikan kelas maupun tahun ajaran baru anak-anak sekolah. Pangsa pasar yang tinggi menyebabkan bisnis ini mengalami kelunjakan yang maksimal disaat para orang tua membeli baju seragam untuk anak-anak mereka pada saat tahun ajaran baru.
Dengan saya membuka bisnis ini dapat memudahkan para orang tua untuk mendapatkan baju seragam baru untuk anak-anaknya dengan berbagai ukuran dimulai dari ukuran S,M,L, dan XL, dimulai dari baju seragam SD,SMP dan SMA dan juga tersedia baju seragam sekolah buat perempuan maupun buat laki-laki.
Sebenarnya bisnis ini cocok dilakukan pada saat menjelang tahun ajaran baru tetapi biasanya para orang tua membeli baju seragam sekolah di hari-hari sekolah biasa maupun pada saat kenaikan kelas, sebab kebanyakan baju seragam sekolah itu berwarna putih sehingga baju-baju mereka yang sering di pakai warnanya sering berubah menjadi berwarna kusam, itu yang menyebabkan para orang tua membeli baju seragam sekolah selain tahun ajaran baru.
Walaupun banyak yang menjual bisnis seragam sekolah, namun disini saya mengatur strategi untuk bisnis saya dengan mengadakan diskon 20% untuk para pembeli yang membeli baju seragam sekolah 2 pasang dalam waktu 1 minggu di awal tahun ajaran baru. Dengan saya mempunyai strategi tersebut dapat menarik pembeli untuk membeli baju seragam sekolah untuk anak-anak mereka dengan harga yang terjangkau.
            Disini bisnis baju seragam sekolah menurut para ahli tidak ada, adanya hanya pengertian bisnis secara umum. Menurut Hughes dan Kapoor bisnis yaitu aktifitas bisnis yang melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (total revenues) lebih besar dari total biaya (total costs) pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.

Kesimpulan :
            Dengan kita berbisnis baju seragam sekolah, setiap tahunnya kita akan mendapatkan laba yang maksimal di saat tahun ajaran baru. Sebab di saat tahun ajaran baru banyak orang tua yang membeli baju seragam sekolah untuk anak-anaknya. Disinilah para pedagang baju seragam sekolah mendapatkan keuntungan yang maksimal dan disini juga pedagang dapat mengembangkan usahanya dengan menambah persediaan baju seragam untuk dijual kepada konsumen.

Jumat, 03 Januari 2014

Tugas Perusahaan



Seluk Beluk HERO SUPERMARKET Tbk. Tahun 2001

Jenis perusahaan HERO SUPERMARKET Tbk sampai bulan Agustus 2001, memiliki 71 gerai Hero PasarSwalayan, 26 gerai Star Mart, 40 gerai Guardian dan 8 gerai Mitra Toko Diskon. Bentuk perusahaan HERO SUPERMARKET Tbk dibentuk dengan berbagai private label yang dikembangkan misalnya Hero Save, Nature Choice, dan Relliance. Dalam jangka panjang, pengembangan private label dari HERO, didukung oleh jaringan distribusinya yang sangat luas, merupakan satu ancaman bagi format Hypermarket.


Modal HERO SUPERMARKET Tbk, yaitu dengan melakukan IPO (Initial Public Offering) pada tanggal 21 Agustus 1989. Komposisi pemegang saham per tanggal 25 Juli 2001 adalah sebagai berikut : PT Hero Pusaka Sejati 50.10%, PT Matahari Putra Prima Tbk 10.42%, SSV Netherland BV 10.20%, Mulgrave Corp. BV 7.63%, dan masyarakat 21.65%. Kepemilikan saham langsung HERO oleh Dairy Farm diperkirakan sebesar 7.63%, yaitu melalui Mulgrave Corp. BV.  Selain itu Dairy Farm melalui Mulgrave Corp. BV juga memiliki obligasi konversi sebesar 24.55%. Dengan demikian total kepemilikan Dairy  Farm atas saham HERO adalah 32.18%. Distribusi cadangan laba HERO SUPERMARKET Tbk. , setelah merasakan imbas kehadiran Hypermarket Carrefour (dan Continent), HERO mulai menggalakkan program promosi dengan fokus mengubah image Hero Supermarket yang mahal menjadi tempat belanja yang paling murah. Saat ini setiap Hari Jum’at, HERO melaunching program Weekly Promotion, dengan diback-up media promosi satu halaman penuh di Harian KOMPAS. Untuk menjaga agar harga yang ditetapkan lebih murah dibandingkan pesaing, Manajemen HERO memutuskan dan me-recheck harga pesaing pada hari Kamis, sesaat sebelum media promosi naik cetak. Menurut Ipung Kurnia (CEO HERO), strategi HERO seperti ini mampu menaikkan omzet Hero Supermarket sampai 30%. Undian berhadiah juga gencar diadakan dengan hadiah utama mobil, misalnya pada periode sebelumnya Daihatsu Taruna dan sekarang (bulan Oktober 2001) Peugeot 206. Fokus komunikasi dan positioning Supermarket Hero kepada masyarakat sampai saat ini adalah kesegaran produk fresh. Sehingga tag line “Think Fresh Shop Hero” selalu digunakan.Untuk mendukung aktivitas distribusi dan logistik, HERO menggandeng perusahaan logistik DAVID HOLDINGS.


Keberhasilan HERO SUPERMARKET Tbk. dapat dilihat dari kegiatan usaha anak perusahaan Hero meliputi usaha dagang eceran makanan dan produk terkait melalui PT Trimanunggal Hero Lestari, yang memiliki satu gerai di Cirebon; Dan PT Mitra Hero Pioneerindo (bermitra dengan PT Putra Sejahtera Pioneerindo) yang membawahi gerai fast food California Fried Chicken. Dalam sejarahnya HERO juga memiliki keterkaitan dengan rantai toko TOYS CITY dan PT SUBA INDAH, yaitu pabrik pengolahan dan pengalengan makanan. Untuk mendukung kelengkapan produk dan kemampuan perusahaan menggenjot potensi laba, HERO juga memiliki pusat pengolahan roti (Bakery Processing) dan pengembangan konsep Instore Bakery serta Restoran Siap Saji di dalam gerai-gerainya. Sebuah pusat distribusi didirikan di kawasan industri Cibitung. Untuk mendukung aktivitas distribusi dan logistik, HERO menggandeng perusahaan logistik DAVID HOLDINGS.


Keberhasilan HERO SUPERMARKET Tbk. dilihat dari sisi perusahaan sampai saat ini HERO merupakan satu-satunya retailer lokal yang memiliki strategi pengembangan private label (merek milik sendiri) yang cukup intensif. Dengan strategi ini HERO diharapkan mampu meningkatkan kemampuan labanya.


Peranan HERO SUPERMARKET Tbk. di berbagai keadaan persaingan pernah mengalami penurunan pangsa pasar dan semakin ketatnya persaingan HERO SUPERMARKET di JABOTABEK, maka strategi ekspansi HERO saat ini adalah 50% di JABOTABEK dan 50% di luar JABOTABEK. Strategi awal Hero untuk merebut pasar adalah agresifitas dalam penyebaran flyer promosi (dengan iming-iming harga), penekanan pada kualitas dan kenyamanan berbelanja. Sampai tahun 2001 ini dapat dikatakan bahwa HERO adalah jaringan supermarket lokal terbesar di Indonesia. Peremajaan gerai dilakukan setiap lima atau enam tahun. Peremajaan gerai besar-besaran di tahun 2001, misalnya dilakukan di dua cash cow Store Hero di Kemang dan Pondok Indah Mall. Selain itu perluasan format retail juga dilakukan dengan merintis jaringan toko buku UTAMA dan merencanakan pembukaan hypermarket GIANT. Hypermarket GIANT merupakan merek dari negeri jiran (Malaysia), yang masuk ke dalam portofolio HERO melalui Dairy Farm. Di negeri asalnya, kekuatan GIANT terutama bertumpu pada divisi Fresh Product, Grocery dan Basic Fashion. Kerjasama manajemen berupa profit sharing juga dilakukan HERO bersama Golden Trully. Kerjasama ini merupakan satu sinergi yang berdampak positif terhadap rencana pembukaan GIANT. Sebagaimana diketahui Golden Truly memiliki kekuatan lebih dalam bidang fashion dibandingkan HERO.


Sumber :
-          https://www.hero.co.id/hero/id